Monday, January 4, 2016

Menghubungkan Menu dengan Postingan di Blog

Setiap blog memiliki menu dan sub menu. Menu merupakan daftar atau bagian yang dikelompokkan dalam sebuah blog atau web. Sub menu merupakan bagian dari menu. Contoh pada blog ini adalah Social Media merupakan menu dan facebook merupakan sub menu.
Untuk blogger pemula. Menu dan sub menu kadang tidak tersedia jika menggunakan template yang disediakan oleh blogger sendiri. Anda perlu menciptakan menu sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa mendapatkan templete blog yang menarik diberbagai situs penyedia template gratis (contohnya : btemplates).
Ikutilah langkah-langkah berikut ini!
1. Ketika anda menulis sebuah postingan. Jangan lupa memberi label pada postingan tersebut. Beri label dengan nama yang anda inginkan. Ingat! Label adalah cara yang dilakukan untuk menyatukan semua postingan. Sebaiknya, label diberi nama sama dengan menu atau sub menu pada blog anda. Contoh pada blog ini adalah pada gambar berikut:
Info dan Lomba Blog merupakan menu dan submenu. Jadi, ketika admin blog ini ingin menuliskan sebuah postingan mengenai Info dan Lomba blog maka saya akan memberi label dengan nama Info atau Lomba Blog.
2. Mulailah membuat sebuah postingan. Postingan yang terlanjur tidak memiliki label atau ingin menukar label postingan tersebut dengan cara masuk ke Dashboard – Posts – Edit (pada judul postingan yang akan diedit). Perhatikan gambar berikut!
Postingan Bagaimana seorang blogger mengikuti lomba? admin beri label dengan info. Hal ini sesuai dengan Menu pada blog ini. Klik “done” jika telah selesai memberi label dan terbitkan postingan anda.

3. Muat ulang blog anda. Perhatikan gambar berikut!
Cari Label pada halaman muka blog anda. Setelah itu, klik Info. Perhatikan gambar di atas (sesuaikan dengan label blog anda sendiri). Lalu, akan dibawa ke alamat label itu sendiri. Perhatikan gambar berikut!
Perhatikan lingkaran merah. Itu adalah alamat label Info. Block alamat tersebut dan copy.

4. Selanjutnya masuk ke Dashboard blog anda. Pilih Template - Edit HTML  
5. Setelah masuk ke Edit HTML maka cari menu dan sub menu blog anda. Untuk mempercepat pencarian. Letakkan kursor di dalam kode tersebut lalu CTRL + F. Setelah kotak pencariannya keluar maka ketik menu dan sub menu blog anda. Lalu enter. Cara ini lebih efesien karena langsung mengantar pengguna ke menu dan sub menu tanpa mencarinya lagi. Coba bayangkan betapa sulitnya mencari pada kode HTML yang banyak itu. Perhartikan gambar!
Setelah anda menemukan menu yang anda cari maka ganti tanda # (perhatikan gambar) dengan alamat label yang telah anda copy tadi. Seperti  gambar berikut.
6. Simpan dan muat ulang halaman blog anda. Coba klik menu atau sub menu anda sebagai pembuktian bahwa langkah yang telah anda lakukan berhasil atau tidak.

Sahabat Sodelenago. Itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memasukkan postingan anda ke dalam sebuah menu dan submenu blog anda. Mudah bukan. Admin harap anda mengerti dan berhasil melakukannya. Jika tidak. Kotak komentar telah tersedia. Silahkan tinggalkan komentar anda.

2 comments:

sangat membantu,,, jangan lupa berkunjung ke suksesberislam.blogspot.co.id sebagai ajang silaturahim... salam kenal

Terimahkasih sudah sudi mampir diblog saya ...
Salam kenal kembali

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More